PENGENALAN DAN PELATIHAN PENGUCAPAN DASAR BAHASA JEPANG DI SMP N 3 TEMBUKU, KECAMATAN TEMBUKU, BANGLI

Penulis

  • I Wayan Juniartha Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Yogi Marantika Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Putu Angga Sudharta Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Ngurah Hendika Renanda P. Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Bali, Bahasa Jepang, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstrak

Bali adalah salah satu provinsi yang terkenal sebagai tujuan pariwisata diberbagai penjuru dunia khususnya Australia dan Jepang. Bali dikenal dengan julukan pulau dewata yang terkenal dengan alam, seni dan budaya yang unik. Banyaknya wisatawan Jepang datang ke destinasi wisata di Bali khususnya Desa Jehem yang merupakan desa wisata. Maka dari itu kurangnya wawasan terhadap Bahasa Jepang terutama di SMP N 3 Tembuku. Berdasarkan permasalahan tersebut tim menyelenggarakan program pengabdian pada masyarakat yang merupakan pengembangan minat dan wawasan siswa SMP N 3 Tembuku terhadap Bahasa Jepang. Penyelenggaraan program dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu tahap observasi dan wawancara, persiapan, pelaksanaan dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil penyelenggaraan program, tujuan yang diharapkan telah tercapai mengacu pada minat siswa SMP N 3 Tembuku terhadap Bahasa Jepang. Dsimpulkan bahwa program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di SMP N 3 Tembuku, Bangli telah terselenggara dengan baik.

Referensi

Elida. (2018). Peningkatkan Motivasi Belajar PKN Siswa Kelas 9.7 SMP 21 Kota Pekanbaru Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra . Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Sucipto, T. L. (2007). Studi Tentang Religi Masyarakat Baduy di Desa Kanekes Provinsi Banten. Jakarta: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Direktorat Jendral Nilai Budaya Seni dan Film.

Sudjianto, A. D. (2004). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang . Jakarta: Kesaint Black.

Sundayra, L. (2021). Linguistik,Sastra dan Budaya Jepang. Jurnal Daruma.

Cahyadiantari, Dwi dkk, “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Membaca Teks Biografi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja”. e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha Volume : 7 No: 2.

Fukada, Hiroko (1997).Mengetik Merayap dan Mendobrak, Jakarta : Kesaint Blanc.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-10