OPTIMALISASI PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH MELALUI CREATIVE MATH GAMES PADA MASA PANDEMI COVID 19
Keywords:
pembelajaran kreatif, creative math games, home visit methodAbstract
Permasalahan yang terjadi di masa pandemic Covid-19 di Lingkungan Penyobekan Desa Dangin Puri Denpasar Bali yaitu meningkatnya stress orang tua dalam mendampingi anak belajar, kurangnya edukasi dalam penggunaan aplikasi media pembelajaran, menurunnya disiplin dan focus anak saat belajar, serta kurangnya motivasi anak dalam mengikuti pembelajaran daring. Sosialisasi pengenalan aplikasi pembelajaran online (Math Games) untuk melatih dan meningkatkan kecepatan berhitung anak dalam pembelajaran online dirumah dan melakukan upaya pendampingan dalam bimbingan belajar kepada anak – anak di rumah di masa pandemic covid 19. Metode pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan masyarakat sasaran adalah menggunakan Home Visit Method. Ketercapaian kegiatan pengabdian masyarakat ini diukur dengan menyebarkan kuesioner pre-test dan post-test kepada orang tua dan siswa. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini mencapai target yang diinginkan yaitu dari 80% menjadi 90%, 91,1% dan 94,2%. Keberhasilan kegiatan ini dibuktikan dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa dan orang tua. Hasil kuesioner yang disebar menunjukkan hasil dari 30% menjadi perolehan hasil yang paling maksimal yaitu 94,2%.