PEMBUATAN INOVASI BARU DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM (HOME INDUSTRY) DI DESA ADAT MUNGGU
Keywords:
Covid-19, media sosial, home industryAbstract
Pandemi Covid-19 menimbulkan kesulitan terhadap pelaku usaha (Home Industry) di Desa Adat Munggu khususnya di Banjar Kerobokan, Gang Kedondong No.2 dikarenakan kesulitan dalam pemasaran produk, sehingga pelaku usaha mengalami penurunan pendapatan hingga mencapai 80%. Kesulitan ini pun juga dikarenakan kurangnya ketrampilan dan ide-ide yang kreatif sehingga membuat produk yang dihasilkan tidak beragam dan monoton, selain itu kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai pemanfaatan media sosial yang dapat didayagunakan dalam proses pemasaran produk. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tahapan yang meliputi: tahap komunikasi, baik secara daring maupun langsung, tahap edukasi, baik secara daring maupun langsung dan tahap simulasi, yang meliputi pelatihan dan pendampingan. Pengabdian pada masyarakat dalam pembuatan inovasi baru dan pemanfaatan media sosial dalam upaya meningkatkan pendapatan UMKM (Home Industry) di Desa Adat Munggu telah berhasil dilaksanakan dan ditingkatkan melalui komunikasi dan edukasi secara langsung (offline), serta pelatihan dan pendampingan.