OPTIMALISASI USAHA PANGKONAN MELALUI MEDIA SOSIAL DI DESA BONBIYU, SABA, BLAHBATUH, GIANYAR

Authors

  • Ni Kadek Misiantari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Deni Ariyaningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Landra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

pangkonan, promosi media sosial, Facebook, pandemi, Covid-19

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu usaha masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 yang berlokasi di Desa Bonbiyu, Kelurahan Saba, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Salah satu usaha UMKM yang terdampak di desa ini yaitu usaha pangkonan. Pangkonan adalah tumpeng berbagai jenis sebagai sarana upakara di Bali. Usaha pangkonan yang dijalankan oleh masyarakat di Desa Bonbiyu ini sudah berlangsung sejak 2018. Mewabahnya Covid-19 mengakibatkan penurunan omset pada usaha ini dan tentunya pemasukan masyarakat setempat. Perlu dilakukan upaya guna memulihkan kondisi usaha. Dari hasil observasi masalah yang dihadapi yaitu kurangnya pemahaman pelaku usaha dalam pembuatan dan pemanfaatan media sosial guna membantu pemasaran secara lebih luas serta penjualan produk usaha. Solusi yang diberikan yaitu mengedukasi pelaku usaha, memberikan pelatihan pengemasan produk yang lebih baik dan higenis, membantu dalam pembuatan, penggunaan, pemasaran, dan penjualan melalui media sosial Facebook, serta membuatkan papan nama usaha sebagai salah satu strategi promosi. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah observasi, sosialisasi, diskusi, dan praktek atau pelatihan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung dengan baik dan berhasil membantu meningkatkan penjualan usaha pangkonan yang dijalankan pelaku usaha. Mitra sangat terbantu dengan ide atau gagasan yang diberikan serta sangat terbantu dalam pengembangan usaha pangkonan dengan upaya-upaya yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini.

Downloads

Published

2021-12-02