UPAYA PEMULIHAN EKONOMI BAGI UMKM SUPPLIER AMENITIES MELALUI MEDIA INTERNET DAN PROMOSI MEDIA DIGITAL DI DESA SUMERTA KELOD
Keywords:
amenities, promosi media sosial, pandemi COVID-19Abstract
Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk membantu UMKM di masyarakat yang terkena dampak dari pandemi COVID-19 untuk lebih kreatif dalam melakukan usaha untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi. Salah satu UMKM yang terdampak yaitu bergerak di bidang supplier amenities dengan skala industri kecil rumah tangga bernama UD.Peringga Jaya yang terletak di Desa Sumerta Kelod Denpasar, Bali. Masalah yang dihadapi yaitu menurunnya omset penjualan secara drastis karena hantaman pandemi. Selain itu, promosi secara online belum dilakukan sehingga cakupan pemasaran produk belum maksimal. Solusi yang diberikan yaitu memperluas jangkauan pemasaran dengan menggunakan media sosial Instagram sebagai media pemasaran dengan melakukan edukasi terhadap mitra tentang teknik digital marketing termasuk pengambilan gambar produk dengan ide-ide kreatif sehingga produk lebih menarik untuk dipasarkan di media sosial. Metode yang diterapkan yaitu dengan pendampingan dan edukasi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung dengan baik dan optimal. Mitra mendapatkan manfaat edukasi dengan mampu memperluas jangkauan pasar dengan pemanfaatan Instagram sebagai teknik pemasaran digital. Tampilan produk menarik yang dihasilkan sangat menunjang kesuksesan pemasaran. Program kerja pada kegiatan pengabdian ini dapat terlaksana dengan baik dengan adanya partisipasi serta semangat pelaku usaha sebagai mitra untuk memaksimalkan kembali usaha yang dijalankan.