UPAYA MENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI LINGKUNGAN TEMPEKAN TIMUR BANJAR BABAKAN CANGGU
Abstract
Penyebaran virus covid-19 dalam satu tahun belakangan ini telah banyak merubah rutinitas masyarakat. Aktivitas masyarakat menjadi terbatas akibat pandemi ini. Salah satu perubahan signifikan yang terjadi pada sistem pendidikan, yang mana siswa sekolah melaksanakan kegiatan sekolahnya di rumah dengan sistem e-learning. Kegiatan ini banyak mengundang pro kontra di kalangan masyarakat dan sering menjadi cerita dan keluh kesah hangat antar masyarakat. Hal ini pula yang terjadi pada masyarakat di lingkungan tempekan timur banjar babakan Canggu Bali. Orangtua siswa di lingkungan masyarakat ini, terutama orangtua anak sekolah dasar (SD) merasa berat dengan tugas baru mereka dalam mendampingi anaknya belajar dari rumah terutama pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Tujuan pengabdian yang dilaksanakan di lingkungan ini adalah untuk memberikan bantuan pendampingan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah dasar (SD) dan kemudian dilanjutkan dengan pendampingan pelaksanaan kegiatan bermanfaat yang dilakukan secara rutin untuk membantu anak-anak mengurangi rasa penat. Kegiatan pengabdian ini diawali degan observasi langsung ke lapangan, kordinasi program kerja dengan para orangtua siswa, pelaksanaan pendampingan pembelajaran Bahasa Inggris, pendampingan pelaksanaan kegiatan bermanfaat seperti berolahraga, bercocok tanam, dan lain-lain, dan diakhiri dengan tahap evaluasi program. Target dalam kegiatan pengabdian ini telah dilaksanakan secara keseluruhan yang dilakukan secara daring dan luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.