PENDAMPINGAN DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP SISWA DALAM PERANAN MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SELAT
Keywords:
Covid-19, pendampingan dan bimbingan belajar, konvensionalAbstract
Pemerintah Indonesia telah mengambil sejumlah kebijakan seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan dan memutus mata rantai penularan Covid-19. Dengan adanya kebijakan ini mengakibatkan segala aktivitas, pekerjaan, serta seluruh rutinitas yang biasa dilakukan di luar rumah dan sekarang harus dibatasi. Hal ini berimbas pada bidang pendidikan yang mengakibatkan penutupan sekolah dan proses pembelajaran pun dilakasanakan secara daring. Siswa di Desa Selat, terutama anak-anak sekolah dasar turut merasakan dampak dari pembelajaran online ini seperti kurangnya pemahaman dalam menerima materi. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran daring dirasakan tidak efisien dan efektif. Maka dari itu, program pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan adalah pendampingan dan bimbingan belajar dengan menerapkan metode konvensional untuk siswa-siswa sekolah dasar di desa selat seperti pendampingan belajar untuk semua mata pelajaran dan bimbingan belajar tambahan berupa Bahasa Inggris. Dengan adanya kegiatan tersebut, siswasiswa dapat terbantu dalam menerima atau memahami materi pelajaran dan waktu mereka menjadi produktif di masa pandemi ini.