PENGOPTIMALISASIAN MEDIA SOSIAL DI MASA PANDEMI COVID -19 DI DESA PEMECUTAN KAJA
Keywords:
UMKM, Covid-19, pengabdian, media sosial, promosiAbstract
Sejak Covid-19 muncul di Indonesia, banyak pihak yang terkena imbasnya, tak terkecuali UMKM yang ada di Desa Pemecutan Kaja, Denpasar. Mitra pengabdian pada maysarakat ini adalah UMKM di Desa Pemecutan Kaja yang bergerak di bidang kuliner, berupa jamu tradisional dan jajanan. Hasil observasi mengungkapkan bahwa mitra masih mempromosikan dagangannya dengan cara tradisional, sehingga pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan mitra dengan pemberian edukasi, pelatihan dan praktek pembuatan design/logo produk serta penggunaan bahasa promosi yang menarik di media sosial berupa Instagram untuk mempermudah penjualan produk. Dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini mitra mendapat hasil yang positif. Ini terlihat dari hasil kuesioner yang diberikan ke mitra yang menunjukkan respon yang positif. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat memberikan dampak positif pada UMKM jamu dan jajanan di Desa Pemecutan Kaja dan dilakukan secara berkelanjutan.