PERAN PENGEMBANGAN USAHA GERABAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PENGERAJIN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI DI BANJAR BINOH KAJA UBUNG KAJA

Authors

  • Kadek Ferydana Merta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Edy Arizona Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Santana Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

pengerajin gegabah, media sosial, pemasaran

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilakukan di Banjar Binoh Kaja, Desa Ubung Kaja, kecamatan Denpasar Utara. Dengan masyarakat sasaran yaitu pengerajin gerabah Binoh Berdasarkan hasil observasi, ditemukan permasalahan penurunan daya beli konsumen akibat pangsa pasar yang hanya warga sekitar lokasi tersebut saja. Melihat kondisi tersebut,Tim Pengabdian Masyarakat hadir untuk membantu meningkatkan omset penjualan umkm dengan cara memperluas pangsa pasar mereka melalui e-marketing agar lebih diketahui oleh konsumen, sehingga dapat meningkatkan perekonomian pengerajin gerabah tersebut. Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk membantu meningkatkan omset penjualan pengerajin gerabah di Binoh dengan cara memperluas pangsa pasar yang dilakukan dengan menggunakan media sosial seperti memasarkan hasil pengerajin gerabah di Instagram, Facebook dan whatsapp grup agar lebih mudah untuk diketahui oleh konsumen. Serta pelatihan penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut untuk melakukan promosi. Selain itu juga memberikan edukasi dan simulasi tentang perubahan tekstur bentuk gerabah menjadi lebih kreatif. Dengan adanya program ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui bagaimana pengaruh media digital untuk meningkatkan omset penjualan.

Downloads

Published

2021-12-02