MENINGKATKAN POTENSI PEMASARAN UMKM TERNAK AYAM BERTELUR DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DI BR DINAS DESA ADAT KEBUNG

Authors

  • I Putu Edy Arizona Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Sulatra Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Ari Cahyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

UMKM, media sosial, potensi pemasaran

Abstract

Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga mempengaruhi kondisi perekonomian, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Sektor ekonomi juga mengalami dampak serius akibat pandemi virus corona.Pembatasan aktivitas masyarakat berpengaruh pada aktivitas bisnis yang kemudian berimbas pada perekonomian. Kinerja ekonomi yang melemah ini turut pula berdampak pada situasi ketenagakerjaan di Indonesia. Di masa pandemi Covid-19 ini banyak sektor UMKM mengalami penurunan pemasukan dan bahkan ada yang sampai gulung tikar. Salah satu UMKM ternak ayam bertelur mengeluhkan bahwa semenjak adanya pandemi Covid-19 ini produktivitas penjualan produk menjadi menurun sehingga pemasukan juga ikut menurun serta mengalami kesulitan dalam memasarkan produk. Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu, pemanfaatan media sosial dengan baik akan berpengaruh positif untuk UMKM Ternak Ayam Bertelur sehingga penjualan produk tidak hanya dilakukan secara offline saja penjualan melalui online pun bisa dengan melalui media sosial seperti facebook dan instagram. Meningkatkan potensi pemasaran di kalangan masyakarat akan sangat membantu agar produk yang di jual UMKM Ternak Ayam Bertelur bisa di kenal dengan baik oleh masyarakat.

Downloads

Published

2021-12-02