INOVASI PROMOSI DAN PENGEMASAN PRODUK AYAM BETUTU NATAR SARI DI DESA TEGALALANG, GIANYAR

Authors

  • Ni Putu Dila Dana Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Nyoman Yuliastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Sentana Putra Adiyadnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

inovasi, pengemasan, penjualan, promosi online, protokol kesehatan

Abstract

Salah satu kuliner khas daerah Bali yaitu Ayam Betutu. Salah satu pengusaha kuliner Ayam Betutu di Kabupaten Gianyar tepatnya di Desa Tegalalang, yaitu Ayam Betutu Ibu Natar Sari. Ayam Betutu Ibu Natar Sari diproduksi secara home industry dan dalam proses produksinya belum menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Penjualan Ayam Betutu dilakukan secara langsung di warung. Dalam segi pengemasan, Ayam Betutu Ibu Natar Sari ini dikemas dengan menggunakan kertas minyak, dan belum berisikan label produk untuk pengenalan awal produk yang dijual. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tim pengabdian melakukan penyuluhan, pembuatan dan pemasangan poster di lokasi produksi, pendampingan dan pembuatan stiker label produk dan kartu nama pemilik usaha, pendampingan dalam pengemasan produk dengan menggunakan besek yang lebih menarik dan ramah lingkungan, serta melakukan pendampingan dalam promosi secara online melalui media sosial facebook dan instagram. Kegiatan pengabdian yang dilakukan bertujuan agar mitra selalu ingat menerapkan protokol kesehatan, serta memperluas pangsa pasar dari Ayam Betutu Natar Sari, sehingga dapat meningkatkan penjualan pada UMKM Ayam Betutu Natar Sari.

Downloads

Published

2021-12-02