STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PRODUK DAN PENJUALAN UMKM KRIPIK BALADO PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ida Ayu Nyoman Yuliastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sukerta Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Ketut Santi Febrianingsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Covid-19, kualitas, pemasaran online, penjualan

Abstract

Pandemi Covid-19 yang dialami seluruh dunia saat ini, telah berdampak besar ke berbagai sektor ekonomi, salah satunya bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satu UMKM yang terkena dampak dari pandemi covid19 ini yaitu UMKM kripik balado Ibu Ni Putu Astri Pradnyaswari yang bergerak pada sektor makanan ringan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, maka permasalahan yang dihadapi UMKM kripik balado yaitu dalam proses produksi kripik balado kurang menerapkan protokol kesehatan, dimana pada saat produksi karyawan tidak menggunakan hand gloves, belum adanya perubahan atau penambahan bentuk kemasan dari kripik balado, mitra belum memiliki label usaha, dan pemasaran kripik balado Ibu Astri masih sangat terbatas, yaitu hanya dipasarkan di warung-warung dan pasar yang berada dekat dengan rumah Ibu Astri. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu metode observasi, diskusi dan pelaksanaan. Hasil kegiatan pengabdian ini yaitu UMKM dapat menggunakan media sosial dalam memasarkan produknya secara online melalui facebook dan instagram, adanya peningkatan pemahaman mengenai pentingnya menjaga kebersihan kualitas produk yang akan dibuat dengan menggunakan hand gloves pada proses produksi, adanya peningkatan pemahaman mengenai pentingnya menambah kemasan baru untuk produk kripik balado, dan adanya peningkatan pemahaman mengenai pentingnya label di suatu produk untuk memperkenalkan produk kepada konsumen.

Downloads

Published

2021-12-02