STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DAPUR MESARI DENGAN MEDIA SOSIAL DAN PENCEGAHAN COVID-19 DI DESA SUMERTA KELOD

Authors

  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sukerta Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Harleni Primayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

penyuluhan, minat konsumen, media sosial

Abstract

UMKM Dapur Mesari mulai berdiri sejak tahun 2019 dan saat ini karena adanya covid-19 ini terjadinya penurunan penjualan yang sangat drastis maka UMKM Dapur Mesari ini tidak bisa menitipkan produknya terlalu banyak. Pemasaran Produk UMKM Dapur Mesari masih menggunakan teknik-teknik Tradisonal yaitu dari 1 tempat ke tempat yang lainnya, UMKM Dapur Mesari ini hanya memiliki budget terbatas dalam segi pemasaran produknya, saat ini terjadinya pandemic covid-19 pemerintah mengeluarkan himbauan-himbauan tentang protokol kesehatan yang harus ditaati oleh setiap masayarakat, UMKM Dapur Mesari ini juga kurangnya kesadaran dalam mentaati protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker dan tidak mencuci tangan menggunakan hand sanitizer Solusi yang Diberikan yaitu : Pengedukasian kepada karyawan dan Owner UMKM Dapur Mesari, tentang cara memasarkan produk secara online melalui Media sosial Instagram dan Facebook. Mengadakan Sosialisasi Kepada Karyawan UMKM Dapur Mesari dengan memahami mengenai bahaya covid-19 dan juga membagikan masker, serta cara menggunakan hand sanitizer dengan benar kepada karyawan UMKM Dapur Mesari. Capaian dari pengabdian ini adalah : Dapat Meningkatkan Produksi UMKM Dapur Mesari dengan menggunakan media sosial Instagram dan Facebook. Peningkatan minat Konsumen pada produk UMKM Dapur Mesari serta lebih dikenal luas oleh masyarakat dengan menggunakan media sosial instagram dan facebook. Peningkatan Omset UMKM Dapur Mesari dapat kembali stabil. Penggunaan Masker dan hand sanitizer mesari lebih tertib.

Downloads

Published

2021-12-02