PENGEMBANGAN PRODUK DAN PROMOSI DIGITAL PADA UMKM PRODUK CENDOL DI DESA PEGUYANGAN

Authors

  • I Gusti Agung Ayu Wiratna Ningrat Utama Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Indah Mertasari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

pengembangan produk, promosi digital, media sosial

Abstract

Sejak pandem Covid-19 merebak, industri pariwisata menjadi terpuruk. Oleh Karen itu banyak masyarakat beralih profesi dari pekerja pariwisata menjadi profesi yang lain. Salah satu yang terkena dampak pandemic adalah Ibu Agung Sri Ekawahyuni. Untuk dapat menyambung hidup maka ibu menjadi penjual cendol. Ada beberapa permasalahan yang dihadapi usahanya dalam meningkatkan penjualanya yaitu tidak adanya label pada produk, hanya punya satu varian produk dan tidak aktif dalam melakukan promosi. Adapun pemecahan permasalahn yang dilakukan adalah pengembangan produk dengan menciptakan varian rasa baru menjadi rasa origina, rasa red velved dan rasa macha. Selain itu produk juga diberikan label dengan merk “Cendol Suji”. Untuk dapat meningkatkan penjualan maka usaha yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook dan Instagram untuk promosi digital. Program pengabdian masyarakat memberikan dampak yang abik terhadap penjualn produk Cendol.

Downloads

Published

2021-12-02