PEMANFAATAN BUKU KAS, DAN PEMASARAN ONLINE DALAM PENGEMBANGAN USAHA PABRIK TAHU DAN TEMPE RUMAHAN MAS DUL DI LINGKUNGAN BR. KAJA SESETAN

Authors

  • I Komang Basunjaya Adi Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Tiara Carina Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

pembukuan digital, pemasaran digital, usaha tahu, usaha Tempe

Abstract

Pada masa pandemi COVID-19 ini, usaha pabrik tahu dan tempe masih tetap berusaha untuk bertahan hidup walaupun penjualan mengalami penurunan. Beberapa permasalahan yang terjadi pada Usaha Tahu dan Tempe Rumahan Mas Dul di Lingkungan Banjar Kaja Sesetan antara lain pengelolaan keuangan dengan pembukuan usaha belum dilakukan dengan baik sehingga memperlambat kualitas kinerja usahanya. Disamping itu, pelaku UMKM Tahu dan Tempe Rumahan Mas Dul di lingkungan banjar kaja sesetan belum mengenal digital marketing. Dalam memasarkan produk mereka masih menggunakan metode konvensional. Adapun solusi yang ditawarkan berupa program kerja yaitu peningkatan pengetahuan terhadap pengelolaan keuangan melalui pelatihan penggunaan buku kas digital serta memberikan bimbingan mengenai digital marketing. Keterlibatan mitra usaha dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sangat proaktif terbukti dengan antusiasme mereka dalam pelatihan dan penyuluhan baik dalam hal pembukuan digital maupun pemasaran digital berupa media sosial seperti instagram. Hasil dari pengabdian ini dimana terjadinya peningkatan penjualan Usaha Tahu dan Tempe Rumahan Mas Dul serta kegiatan pembukuan yang mampu tersusun dengan rapi.

Downloads

Published

2021-12-02