PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI USAHA TERNAK LELE MINA KARYA DI BR. TENGAH KALER DESA GULINGAN

Authors

  • Ni Made Dwi Puspitawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sukerta Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ariska Aprillyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

pemasaran online, penyuluhan, media sosial, ternak lele

Abstract

Masyarakat Banjar Tengah Kaler dominan memiliki usaha UMKM seperti usaha ternak lele. Pandemi Covid-19 menuntut UMKM Ternak Lele Mina Karya untuk dapat bertahan hidup. Permasalahan yang selama ini terjadi dimana usaha tani ternak lele kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan di usaha mereka serta kegiatan pemasaran masih bersifat konvensional. Adapun solusi yang diberikan berdasarkan program kerja yang ditawarkan antara lain penyuluhan mengenai budidaya ternak lele serta pelatihan menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram serta marketplace dalam rangka memasarkan hasil ternak lele tersebut. Mitra usaha ternak lele secara aktif terlibat dalam program kegiatan pengabdian masyarakat meliputi perumusan permasalahan, perencanaan program, penjadwalan kegiatan, pelaksanaan program hingga tahap evaluasi kegiatan. Program kerja terlaksana 100% dan memberikan peningkatan penjualan akibat pemasaran melalui online tersebut.

Downloads

Published

2021-12-02