PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM “BJ PANCING” DENGAN PERLUASAN PROMOSI AKIBAT PANDEMI COVID19 DI DESA ADAT TONJA

Authors

  • I Kadek Wirawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Gde Novitasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Doni Permana Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

UMKM, pemasaran, promosi, efisien, pencegahan Covid-19

Abstract

Promosi adalah salah satu cara untuk menarik pelanggan untuk membeli barang atau item yang akan dijual oleh pelaku usaha, baik itu perseorangan, UMKM, ataupun usaha berskala besar. Promosi bisa dilakukan melalui media massa ataupun internet.Penetrasi internet dan ponsel pintar membuat Indonesia menjadi pangsa pasar digital yang sangat menjanjikan. Ini menjadi kesempatan emas bagi para pebisnis untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, sayangnya kesempatan ini tidak serta merta bisa dinikmati oleh semua pemilik bisnis, khususnya para UMKM yang belum memiliki literasi digital tinggi. Salah satunya adalah UMKM Bj Pancing. UMKM ini adalah UMKM yang terletak di Linkungan Desa Adat Tonja. Pemasaran mempunyai peranan penting dalam meningkatkan produktivitas penjualan di UMKM Bj Pancing. Saat pandemic Covid-19 ini muncul, dari hasil pengamatan yang dilakukan menyatakan bahwa produktivitas penjualan di UMKM ini menurun. Melihat kondisi tersebut, Pengabdian Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir untuk membantu UMKM melakukan digitalisasi, dengan cara memberikan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan strategi pemasaran yang lebih efisien dan efektif melalui media sosial facebook dan instagram serta memberikan masker terkait dengan bahaya dan pencegahan penyebaran Covid-19 di UMKM Bj Pancing.

Downloads

Published

2021-12-02