PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM DI MASA PANDEMI MELALUI SOSIALISASI PENCATATAN KEUANGAN DAN ONLINE MARKETING DI DESA CARANGSARI
Keywords:
UMKM, online marketing, promosi, produktivitas, pencatatan keuanganAbstract
Seiring dengan perkembangan waktu, teknologi berkembang semakin pesat yang ditandai dengan adanya pemanfaatan internet dan juga media digital. Online marketing dinilai sangat menguntungkan karena dapat menjangkau calon pelanggan dengan cakupan yang lebih luas khususnya untuk para UMKM, namun banyak UMKM yang belum bisa memanfaatkan penggunaan sosial media sebagai media pemasaran. Salah satunya adalah UMKM Sintha Kue yang terletak di Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Produk yang dihasilkan hanya bergantung pada pelanggan lama dan promosi hanya dilakukan secara offline/face to face. Selama pandemi Covid-19 produktivitas UMKM Sintha Kue mengalami penurunan secara signifikan karena pemasaran yang belum maksimal serta selama pandemi Covid-19 UMKM mengalami permasalahan dalam mengatur keuangan dikarenakan modal usaha yang dimiliki telah digunakan untuk keperluan sehari-hari. Sehubungan dengan hal tersebut, maka Kegiatan Pengabdian Masyarakat Peduli Bencana Covid-19 Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir untuk membantu UMKM menerapkan online marketing/pemasaran melalui media sosial seperti facebook dan instagram dengan penyuluhan, pelatihan serta pendampingan dan juga memberikan edukasi mengenai pencatatan keuangan dengan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan.