STRATEGI PEMASARAN UMKM DIMASA PANDEMI COVID-19 DI BANJAR TATIAPI KAJA

Authors

  • Ni Luh Gede Meilantari Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Ayu Winda Swari Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Legawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

media, PMPBC, pemasaran, sosial

Abstract

Lokasi pelaksanaan program Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar ini bertempat di Banjar Tatiapi Kaja, Desa Pejeng Kawan, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Berbagai Negara mengalami ketidakstabilan sektor ekonomi akibat krisis yang ditimbulkan oleh pandemi COVID19, tak terkecuali Indonesia. Tercatat pada kuartal II tahun 2020 pertumbuhan ekonomi melambat dan terkontraksi hingga minus 5,32 % secara tahunan. Kontraksi terdalam dialami sektor konsumsi rumah tangga. Melihat hal tersebut, pengabdian kepada masyarakat Universitas Mahasaraswati melakukan kegiatan pengabdian yang akan berusaha membantu mereka memasarkan produknya lewat sosial media dengan cara pembuatan akun instagram agar produk-produk yang dijual bisa dilihat oleh lebih banyak orang sehingga kemungkinan untuk produknya laku banyak itu lebih besar. Pada kegiatan ini terdapat kendala yaitu terbenturnya kegiatan lain antara pemilik UMKM dengan mahasiswa pelaksana yang membuat pertemuan menjadi lebih sedikit. Namun selain kendala tersebut, ada faktor pendukung atas lancarnya jalan kegiatan yaitu semangat dan keyakinan dari pemilik UMKM sendiri untuk keberhasilan program kerja yang sudah ditawarkan saat masa pendekatan.

Downloads

Published

2021-12-02