PENINGKATKAN BAHASA INGGRIS PADA MASA COVID-19 DENGAN PENERAPAN METODE LITERASI DALAM PROGRAM AYO BELAJAR BERSAMA DI DESA PADANGSAMBIAN

Authors

  • Gusti Agung Ayu Trisna Dewi Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Betty Debora Aritonang Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Wahyu Cipta Widiastika Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

metode belajar, GLS, pembelajaran Bahasa Inggris, siswa

Abstract

Masa pandemi ini memiliki dampak berupa menurunnya kemampuan dan minat belajar siswa di SD di Desa Adat Padangsambian dapat dikatakan karena sistem pembelajaran online yang mengharuskan siswa belajar secara sendiri di rumah. Seperti pembelajaran Bahasa Inggris, jika keluarga tidak ada yang paham Bahasa Inggris maka siswa hanya mengandalkan penjelasan yang terbatas dari sekolah. Kecanggihan teknologi, seperti aplikasi dapat mempermudah pembelajaran, namun di sisi lain, bagi yang belum memanfaatkan dengan baik malah tidak mendidik. Para orang tua memiliki kekawatiran terhadap keadaan ini dan menjadi tantangan bagi tim pengabdian untuk mencari solusi dengan beberapa tahapan, yaitu observasi, pengenalan program kerja, penyusunan dan menyampaikan modul pembelajaran, pembelajaran Bahasa Inggris, penerapan metode Gerakan Literasi Siswa (GLS), dan evaluasi kegiatan. Tim perlu membuat modul pembelajaran Bahasa Inggris dengan judul “Fun Easy English For Beginners”, dalam waktu terbatas tim ingin mendapat hasil yang efektif dan dikombinasikan dengan metode GLS untuk memotivasi siswa untuk lebih giat membaca dan mengetahui pentingnya belajar Bahasa Inggris. Metode GLS adalah kegiatan siswa membaca buku non-pelajaran selama 15 menit setiap hari sebelum pelajaran dimulai. Ditentukan tiga topik dan siswa memilih topiknya sesuai minat. Setelah itu, siswa diberi tugas membuat resume buku. Kegiatan belajar dilaksanakan 11 kali pertemuan, 120 menit per pertemuan. Hasil kegiatan menunjukkan siswa telah berhasil meningkatkan motivasi dan kesadaran untuk membaca materi pembelajaran dan meningkatnya kemampuan dan pengetahuan siswa memahami pelajaran Bahasa Inggris. Saran kegiatan adalah melakukan sosialisasi kepada orang tua untuk membiasakan kegiatan GLS di rumah untuk mencapai keberlanjutan kegiatan yang diciptakan dari lingkungan rumah siswa.

Downloads

Published

2021-12-02