OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA SD DI DESA KAPAL

Authors

  • Betty Debora Aritohang Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Budiarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yulian Kristalia Nurcahyadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Bahasa Inggris, Desa Kapal, Pembelajaran, Siswa SD

Abstract

Sejak pandemi COVID-19 dirasakan perubahan yang nyata pada bidang Pendidikan. Sistem pembelajaran online belum sepenuhnya diadaptasi dengan baik oleh sekolah seperti; keterbatasan prasarana, lingkungan rumah tidak kondusif dan keterbatasan orang tua dalam kemampuan memahami pelajaran sekolah. Dilakukan observasi terhadap pemahaman dan kemampuan Bahasa Inggris siswa SD di Desa Kapal, diketahui siswa kelas 5 dan 6 sudah mendapat pelajaran salam, alfabet, warna, angka, nama buah dan nama benda. Namun, saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris sederhana, siswa kebingungan, lupa dan kesalahan pengucapan. Oleh karena itu, tim menyusun perencanaan sebagai berikut: merangkum hasil obervasi, membuat modul Bahasa Inggris sederhana (dari segi waktu, level kemampuan, dan lainnya), menyusun jadwal dan metode pembelajaran, pelaksanaan bimbingan belajar, evaluasi kegiatan. Modul berjudul English Module for Beginners, terdiri dari 5 bab yaitu Alphabet, Number, Greetings, Favorite food dan Family. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan 90 menit kali tujuh kali pertemuan, memakai modul yang sudah dicetak dan disajikan dengan PPT agar lebih menarik serta menyisipkan ice breaking di setiap pertemuan untuk suasana lebih hidup. Keberhasilan kegiatan ditunjukan melalui dua variabel, yaitu pemahaman isi materi sebesar 80% yang dinilai dari latihan harian dan tes. Variabel kedua adalah dari tingkat kehadiran siswa yang tinggi, dapat dikatakan bahwa isi dan metode penyampaian materi bisa diterima dengan baik sehingga memicu motivasi siswa untuk hadir pada pertemuan. Keberhasilan kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan orang tua, menyediakan tempat yang kondusif untuk belajar. Berhubung siswa belajar dari sekolah, kegiatan dilaksanakan belum efektif. Sehingga disarankan untuk memilih waktu yang tepat agar pembelajaran lebih efektif.

Downloads

Published

2021-12-02