STRATEGI MENINGKATKAN USAHA PENJUALAN PAKAIAN DENGAN JASA DAN SOSIAL MEDIA DI DESA KEMENUH

Authors

  • Ayu Dika Permata Putri Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Sri Rwa Jayantini Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Mela Tustiawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

COVID-19, layanan optimal, media sosial, penuruan penjualan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di masa pandemi COVID-19 ini bertujuan untuk memberikan pendampingan pada usaha masyarakat kecil yang berjualan pakaian jadi di Desa Kemenuh Gianyar. Masalah yang dihadapi adalah penurunan jumlah pembeli pada unit usaha penjualan pakaian jadi “Kim Juli Store” dan kesulitan pengantaran barang yang dipesan pelanggan. Solusi yang dapat diberikan untuk dua permasalahan diatas adalah meningkatkan layanan optimal yang diwujudkan melalui memaksimalkan penggunaan media sosial Instagram dan mempromosikan pakaian yang dijual dengan cara memberi potongan harga (discount) pada hari tertentu pada pelanggan, serta memfasilitasi pembeli dengan jasa pengantaran barang berupa Cash on Delivery (COD). Metode yang diterapkan adalah pendampingan dengan kunjungan dan pemberian informasi terkait pengelolaan usaha, serta metode ceramah dengan pendekatan dan pemberian informasi pada cara promosi melalui media sosial. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah bahwa mitra merasakan ada perkembangan yang baik pada usahanya dengan peningkatan penjualan dan layanan yang dirasa lebih baik oleh pembeli (customer). Pelaksanaan program kerja dapat terlaksana dengan baik karena adanya partisipasi positif dari masyarakat yang didampingi. Hal ini didapatkan melalui pemantauan program kerja yang terlaksana dengan baik serta program yang dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ada.

Downloads

Published

2021-12-02