TRANSFORMASI DIGITAL UNTUK PENGEMBANGKAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DESA PADANGSAMBIAN PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Ni Putu Hanny Handayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Shinta Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Putu Widhiastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

transformasi digital, UMKM, media sosial, Covid-19

Abstract

COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis corona virus yang berbahaya dan menyerang sistem pernafasan. Virus ini awalnya muncul di kota Wuhan, Tiongkok pada bulan Desember 2019. Virus ini mulai muncul di negara Indonesia pada bulan Maret 2020 dan jumlah orang yang terpapar Covid-19 terus bertambah setiap harinya sampai saat ini sehingga berdampak pada jalannya perekonomian negara yang berimplikasi juga pada kondisi ekonomi masyarakat, salah satunya berdampak pada pelaku UMKM Dharma yang berlokasi di Desa Padangsambian yang mengalami penurunan penjualan di masa pandemi ini.

Berdasarkan permasalahan yang ada maka ditawarkan solusi dengan memberikan edukasi dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah/ UMKM Dharma di desa Padangsambian pada masa pandemi Covid-19. Program kerja ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran untuk usaha mikro kecil dan menengah agar pendapatan penjualan dapat meningkat dengan baik ditengah masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam program kerja ini adalah dengan cara memberikan pendampingan dan pembimbingan dalam penerapan strategi pemasaran yang lebih efisien dan efektif melalui media sosial Instagram dan memberikan edukasi terkait pengemasan produk atau labeling di UMKM Dharma di desa Padang Sambian. Tujuan pengabdian ini adalah transformasi digital untuk memanfaatkan media sosial yaitu Instagram untuk memasarkan / mempromosikan produk agar dapat meningkatkan penjualan produk UMKM tersebut. Dengan adanya pengabdian ini diharapkan masyarakat dapat memahami dan bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan product nya secara efektif.

Downloads

Published

2021-12-02