STRATEGI PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DI DESA SERANGAN

Authors

  • Ni Putu Shinta Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Made Wedagama Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Erina Gustini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

strategi, pemasaran, UMKM, media sosial

Abstract

Desa serangan merupakan sebuah kelurahan dan pulau yang berada di wilayah Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Pada masa pandemi ini banyak masyarakat yang usahanya mengalami penurunan bahkan kehilangan mata pencahariannya. Jaje Bali Men Naya merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang kuliner yang menerima permintaan jajan untuk acara-acara pernikahan, rapat dan permintaan dari para pedagang di pasar tradisional. Saat pandemi, omzet penjualan dari Jaje Bali mengalami penurunan yang dratis. Dalam menjalankan usahanya Jaje Bali Men Naya tidak melakukan pencatatan atau membuat pembukuan, pembayaran dilakukan setiap hari ketika jajan habis baru melakukan pembayaran dan hanya mengandalkan langganan dari pedagang di pasar saja serta promosi dari mulut ke mulut. Jaje Bali Men Naya belum memiliki logo dan media sosial untuk mempromosikan produknya dalam jangkauan pasar yang lebih luas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan penyuluhan, pelatihan, serta pendampingan di lapangan dengan, 1) memberikan edukasi tentang sistem pemasaran melalui media sosial seperti fitur whatsapp, Instagram dan facebook, 2) memberikan edukasi tentang cara membuat pencatatan atau pembukuan sederhana agar mengetahui keuntungan dan kerugian dari penjualan tersebut. Dengan digunakannya media sosial sebagai media promosi diharapkan mampu meningkatkan jumlah permintaan pada usaha Jaje Bali Men Naya. Keuntungan menggunakan media sosial sebagai media promosi yaitu dapat meningkatkan penjualan jumlah penjualan produk.

Downloads

Published

2021-12-02