PEMBERDAYAAN UMKM BALIRA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
UMKM, Covid-19, Digital MarketingAbstract
Pandemi covid 19 yang terjadi di Indonesia telah berlangsung selama 1 tahun. Dampak yang di akibatkan dari masa pandemi bukan saja tentang kesehatan tetapi terdapat bidang lain yang terkena imbasnya seperti sosial, ekonomi, dan politik. Yang paling dirasakan oleh masyarakat di seluruh Indonesia yaitu turunnya aktivitas perekonomian apalagi oleh masyarakat menengah ke bawah. Banyak masyarakat yang telah mempunyai pekerjaan tetapi terkenan dampak PHK maupun diberhentikan sementara sampai pandemic covid 19 membaik. Berdasarkan observasi UMKM Balira mengalami penurunan pesanan dam omzet penjualan. Maka solusi yang tepat untuk mencari jalan keluar dari permasalahn UMKM kerajinan tangan ini yaitu memanfaatkan digital marketing dengan media social marketing seperti Facebook, Instagram, Shopee, dan Tokopedia untuk sarana promosi dan memasarkan barang. Mitra juga belum memiliki sistem pembukuan keuangan yang baik karena kurangnya pengetahuan dari pemilik usaha maka dari itu dilakukan pelatihan dan pengenalan tentang bagaimana cara pembuatan pembukuan sederhana dengan memanfaatkan aplikasi android buku kas yang dapat diterapkan oleh pemilik usaha UMKM. Selain itu agar memudahkan konsumen mengatahui barang yang di produksi UMKM ini maka perlu dibuatkan katalog produk kerajinan tangan.