UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN USAHA KOPI ARABIKA KINTAMANI DI DESA KESIMAN KOTA DENPASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI MEDIA DIGITAL
Keywords:
penjualan, UMKM, Covid-19, Media Sosial, KemasanAbstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak usaha mengalami penurunan, tidak terkecuali UMKM. Usaha Kopi Arabika Kintamani yang teletak di Desa Kesiman Denpasar. Penurunan penjualan tahun 2020 sampai dengan 65% dibandingkan dengan rata-rata tahun 2019, memicu terobosan strategi yang luar biasa guna mengembalikan penjulan. Kegiatan pengabisan kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan memberi solusi pada permasalahan yang dihadapi masyarakat sasaran. Solusi yang telah diberikan adalah membuat strategi pemasaran menggunakan media sosial seperti facebook dan membuat kemasan yang menarik. Pada akhir kegiatan semua kegiatan yang diprogramkan telah terealisasi 100%, aplikasi pemasaran online sudah terpasang pada handphone dan kemasan produk sudah digunkan. Dukungan masyarakat sasaran sangat positif ini terbukti masyarakat sasaran selalu antusias dan responsif terhadap setiap kegiatan tersebut. Hasil kegiatan ini semoga dapat terus digunakan oleh masyarakat sasaran, sehingga upaya peningkatan penjulan produk Kopi Arabika Kintamani dapat terwujud.