STRATEGI PENINGKATAN OMZET MELALUI MEDIA SOSIAL PADA IRT NASI JINGGO IBU WAHYU

Authors

  • Ni Made Ardina Putri Wulandari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

peningkatan, omzet, media sosial, IRT

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan masalah yang sudah mendunia sejak Maret 2020. Industri rumah tangga (IRT) juga terkena dampak pendemi ini. Para pelaku IRT merasakan penurunan omzet yang sangat signifikan sejak kemunculannya di akhir tahun 2019. IRT Nasi Jinggo Ibu Wahyu yang terletak di Desa Kesiman, Denpasar merasakan penurunan omzet yang sangat tajam. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan ditemukan pemasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu penurunan omzet selama masa pandemi dan proses produksi tidak higienis. Solusi yang ditawarkan kepada mitra untuk mengatasi masalah yaitu pertama membantu mitra memasarkan produk melalui media sosial facebook dan instagram, mendesainkan logo usaha agar menarik minat pelanggan. Kedua, memberikan pelatihan dalam pelaporan keuangan secara sederhana dan memberikan buku kas, dan ketiga memberikan pengetahuan pentingnya higienitas dalam proses produksi makanan. Target luaran utama kegiatan pengabdian ini adalah meningkatan omzet, mitra memiliki laporan keuangan sederhana, dan proses produksi yang higienis.

Downloads

Published

2021-12-02