PENERAPAN DIGITALISASI DALAM USAHA MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM UKIRAN STIL BALI “I WAYAN KERTAYASA UKIR” DI DESA SUMITA

Authors

  • Ni Putu Devi Irmayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

promosi, digitalisasi, UMKM

Abstract

Saat ini dunia tengah diguncang oleh kasus penyebaran pandemi wabah virus covid-19. Virus ini tengah menjadi permasalahan bagi semua sektor, khususnya sektor perekonomian, dimana keberadaan UMKM yang pada awalnya kian mengalami pertumbuhan yang sangat begitu pesat saat ini seakan melemah dan mengalami penurunan yang sangat signifikan akibat dari dampak pandemi covid-19. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Sumita, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Dengan Masyarakat sasaran yaitu UMKM Ukiran Stil Bali “I Wayan Kertayasa Ukir”. Hasil observasi yang dilakukan, ditemukan permasalahan dengan adanya pandemi covid-19 ini membuat UMKM mengalami penurunan omset penjualan secara signifikan. melihat kondisi tersebut, melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar dengan memberikan solusi terkait upaya peningkatkan omset penjualan UMKM Ukiran Stil Bali “I Wayan Kertayasa Ukir”, berupa mengenalkan dan mengedukasi pelaku UMKM mengenai beberapa media sosial yang dapat digunakan untuk pemasaran, membantu UMKM dalam memasarkan produknya di akun Facebook dan Instagram agar dapat dijangkau oleh kalangan yang lebih luas, mendaftarkan UMKM ke Google Maps agar memudahkan orang yang ingin mengetahui tempat ini untuk mencarinya, dan membuat spanduk yang nantinya akan dipasang di depan tempat usaha UMKM agar masyarakat sekitar lebih banyak mengenal tempat usaha ini. Keberhasilan dari program pengabdian masyarakat ini pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi UMKM untuk meningkatkan omset penjualan.

Downloads

Published

2021-12-02