OPTIMALISASI PERANAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI BANJAR GANTER, DESA ABIANTUWUNG

Authors

  • Ni Made Dwijayanti Wintari Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Ayu Istri Lestari Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Ketut Sri Astati Sukawati Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Covid-19, Bimbingan, Belajar, Tugas

Abstract

Pada masa pandemi Covid 19 saat ini, pendidikan menjadi salah satu sektor yang terkena dampaknya, dimana lembaga pendidikan mau tidak mau harus beradaptasi, sehingga pembelajaran dilakukan secara daring. Semua pelajar diharuskan mengikuti pembelajaran dari rumah. Namun pada kenyataannya pembelajaran daring tidaklah mudah, karena banyak dihadapkan pada berbagai persoalan. Seperti keluhan orang tua dalam mendampingi dan mengawasi anakanaknya dalam pembelajaran daring, karena tidak semua orang tua siswa memiliki waktu luang dan latar belakang pendidikan yang tinggi. Salah satu tingkatan pendidikan yang terkena dampak tersebut adalah tingkatan Sekolah Dasar. Dimana untuk melakukan atau menjalankan pendidikan secara daring siswa SD masih perlu pengawasan, bimbingan dan juga arahan dari orang tua mereka. Permasalahan ini dapat ditemukan di Banjar Ganter, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, dimana beberapa orang tua mengalami kesulitan dalam meluangkan waktu dan kemampuan dalam mengarahkan anak-anak mereka dalam mengerjakan tugas sekolah.

Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, maka solusi yang dapat tim pelaksana pengabdian masyarakat Unmas Denpasar berikan dan lakukan adalah membantu peran orang tua dalam mendampingi anaknya dengan cara memberikan bimbingan dalam pengerjaan tugas. Dalam pemberian bimbingan mengerjakan tugas anak-anak juga akan diberi evaluasi yaitu dengan pre test dan juga post test untuk mengetahui apakah materi yang diberikan dapat dipahami. Solusi lainnya adalah dengan mengedukasi orang tua anak yang bersangkutan dalam mengoperasikan media pengumpulan tugas seperti google classroom. Hasil kegiatan ini menjadikan pendidikan lebih optimal dan memberi pemahaman kepada orang tua pentingnya peranan mereka di masa Pandemi Covid-19.

Downloads

Published

2021-12-02