UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS BUMDES DAN UMKM DALAM PANDEMI COVID-19 DI DESA KUWUM

Authors

  • I Gusti Agung Ayu Istri Lestari Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Gede Agung Gana Kumara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Purnayasa Wijaya Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Covid-19, Bumdes, UMKM, Desa Kuwum

Abstract

Dampak Pandemi Covid-19 dari awal Maret 2020 di Indonesia sudah dirasakan oleh beberapa sektor, namun sektor yang paling merasakan dampak Pandemi Covid19 ini yaitu sektor pariwisata. Sejak adanya Covid-19 ini semua negara di dunia menjadi tertutup bagi wisatawan yang ditujukan untuk mengurangi dampak dan penyebaran Covid-19 ini. Hal ini menyebabkan hampir semua perusahaan dan penggelut UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia khususnya di Bali mengalami penurunan produktivitas dan omset penjualan. Hasil Observasi yang dilakukan oleh tim pelaksana pengabdian Unmas Denpasar terdapat permasalahan di BumDes Desa Kuwum, dimana BumDes Desa Kuwum hanya bergerak di tempat, kurang produktif serta tidak ada inovasi pelayanan di tengah pandemi. Begitu pula warung Bu Yoga yang tepat berdampingan dengan Bumdes Desa Kuwum kurang kreatif dalam menawarkan produk yang dijual.

Untuk membantu dan mendorong pertumbuhan ekonomi agar tetap berjalan di tengah Wabah Covid-19 ini, Tim Pelaksana dari Pengabdian Masyarakat Unmas Denpasar (PPM) mencoba membantu UMKM BumDes Desa Kuwum dan Warung Bu Yoga yang ada di Desa Kuwum. Metode yang digunakan yaitu metode pendampingan dalam hal pembuatan brosur sebagai media pemasaran dan mencari alternatifalternatif strategi untuk membangkitkan kembali keberadaan Bumdes dan Warung Bu Yoga di Desa Kuwum serta metode pelatihan yaitu dengan memberikan pelatihan kepada pengurus Bumdes dan pemilik UMKM dalam menggunakan sosial media sebagai sarana dalam mempromosikan produk-produk yang dijual.

Hasil kegiatan ini menjadikan Bumdes dan UMKM di Desa Kuwum memiliki inovasi dan kreativitas dalam menyediakan produk serta mempromosikan produk yang diperlukan oleh masyarakat melalui media sosial, mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Desa Kuwum serta secara tidak langsung kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat di Desa Kuwum di tengah pandemi Covid 19

Downloads

Published

2021-12-02