OPTIMALISASI PERNANAN PKK DESA DALAM MENJAGA STABILITAS PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA DAUH PURI KAJA AKIBAT WABAH COVID 19

Authors

  • I Gusti Agung Gde Suryadarmawan Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Ngurah Sunatha Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Meri Puja Andini Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

pengabdian masyarakat, aktivitas, ekonomi, Covid-19

Abstract

Perekonomian merupakan system yang digunakan oleh suatu Negara untuk mengatur mengalokasikan sumber daya, layanan dan barang. Maka dari itu mobilisasi perekonomian sangat penting di semua Negara. Jika ada penghambat perputaran dari siklus perekonomian maka terjadilah penurunan kesejahteraan rakyat, yang tentu saja berdampak negatif bagi semua kalangan. Sejak awal tahun 2020 dunia telah dihadapkan dengan suatu wabah yang mendunia yaitu pandemic Covid-19 (Corona Virus Disease 2019). Akibat pandemic Covid-19 terjadi penurunan aktivitas perekonomian dan berpengaruh juga terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan, termasuk kegiatan PKK Desa Dauh Puri Kaja. Penurunan aktivitas perekonomian ditandai oleh banyaknya karyawan, buruh, dan UMKM mengalami kebangkrutan, diliburkan, diberhentikan, dan menutup permanen gerai karena mengalami kerugian.

Berdasarkan permasalahan tersebut, tim pelaksana dari kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) mencoba untuk membantu PKK Desa Dauh Puri Kaja dalam berkegiatan yang dapat dilakukan atau diterapkan dirumah melalui kegiatan Mina Hidroponik dan sosialisasi cara berbisnis online melalui social media. Kegiatan Mina Hidroponik ini jika dilakukan dalam skala sedang hingga besar dapat memberikan keuntungan untuk menambah kompensasi dalam sehari-hari, sedangkan dalam sosialisasi cara berbisnis online melalui sosial media ini dapat memberikan manfaat bagi mitra dalam mempromosikan barang atau jasanya.

Downloads

Published

2021-12-02