PEMERDAYAAN KELOMPOK PECINTA IKAN CUPANG

Authors

  • Suryansah Pranata Saragih Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Budiasa Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Sukantri Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Ikan Cupang, budidaya, pakan ikan

Abstract

Trend pemeliharaan ikan cupang semakin naik seiring pandemi covid 19. Ketika aktifitas terhenti akibat penyebaran Covid-19, maka masyarakat butuh hiburan di rumah. Ikan cupang dengan warna yang mencolok, agresif, serta sirip yang mencolok dan meliuk kesana kemari di dalam aquarium menjadi daya tarik bagi para pencinta ikan ini. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada kelompok pecinta ikan cupang yang ada di Kelurahan Padangsambian Kecamatan Denpasar Barat, menunjukkan sebagian besar pecinta ikan cupang belum paham budidaya ikan cupang yang baik dan benar dan bagaimana cara pembuatan pakan tambahan, ketika pakan yang dibutuhkan tidak ada di pasaran.

Solusi yang diberikan berupa penyuluhan dan pelatihan budidaya dan pembuatan pakan ikan cupang. Tujuan pengabdian ini dimaksudkan untuk (1) meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pecinta ikan cupang dalam budidaya dan pembuatan pakan, dan (2) menghasilkan ikan cupang yang spesifik yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Hasil kegiatan menunjukkan pencinta ikan cupang Kelurahan Padangsambian Kecamatan Denpasar Barat yang diwakili oleh 15 orang pecinta, pada awalnya ada 60% pecinta belum paham benar teknik budidaya dan pembuatan pakan ikan cupang, hanya 40% yang paham. Namun, setelah diadakan penyuluhan semua pecinta ikan cupang paham teknik budidaya dan cara membuat pakan yang baik dan benar. Pelatihan ini juga mampu meningkatkan ketrampilan pecinta ikan cupang tentang teknik budidaya dan pembuatan pakan ikan cupang. Peningkatan mana tidak terlepas dari kerjasama yang baik diantara pelaksana dan pecinta ikan cupang.

Pecinta ikan cupang selayaknya berkesinambungan mengembangkan ketrampilannya sehingga mampu menghasilkan ikan cupang dengan spesifikasi yang berbeda sehingga memberikan nilai ekonomi yang lebih tinggi karena langkanya.

Downloads

Published

2021-12-02