PENINGKATAN KUALITAS DAN PEMASARAN BIBIT TANAMAN BUDIDAYA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • I Made Wahyu WIjaya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Gede Adi Juliawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Edi Yastika Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Bencana Covid-19, pembibitan, pengabdian masyarakat, tanaman budidaya

Abstract

Usaha pembibitan tanaman menjadi salah satu sektor usaha yang penting untuk menunjang budidaya tanaman, seperti tanaman pangan. Usaha pembibitan yang menjadi objek kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Adi Tani Farm.Usaha pembibitan tanaman bubidaya di Adi Tani Farm, terbilang cukup besar karena dalam satu kali kegiatan pembibitan dapat mencapai maksimal 95 tray semai yang rata-rata lubang semainya berjumlah 288 lubang per tray tanaman budidaya. Namun dalam kegiatan pembibitan tanaman terdapat masalah yang menghambat, yaitu pada komposisi pencampuran media tanam yang kurang tepat dan menyebabkan kurang maksimalnya pertumbuhan benih. Saat ini usaha pembibitan tanaman Adi Tani Farm menjadi kurang produktif akibat dari dampak pandemi Covid 19, dan petani sekitar daerah Cacab sekarang juga lebih menjadikan produksi hasil pertaian hanya untuk keperluan keluarga agar dapat memperkecil kerugian akibat nilai jual produk hasil pertanian yang rendah. Peningkatan upaya pemasaran produk bibit tanaman perlu dilakukan untuk meningkatkan pejualan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah pemasaran melalui media sosial. Kegiatan yang dilakukan pada pengabdian masyarakat ini adalah pendampingan pembuatan media tanam dengan komposisi baru dan pembuatan media sosial untuk pemasaran produk. Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat mitra karena telah membantu memperbaiki kualitas media tanam dan meningkatkan pemasaran secara online melalui media sosial.

Downloads

Published

2021-12-02