ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN PEMBUKTIAN TAK LANGSUNG PADA MATERI GEOMETRI NON-EUCLID

Authors

  • Kadek Adi Wibawa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ade Andre Payadnya Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

analisis kesalahan, pembuktian tak langsung, Geometri Non-Euclid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang terjadi pada mahasiswa dalam menyelesaikanpembuktian tak langsung pada materi Geometri Non-Euclid. Metode yang digunakan adalah penelitiandeskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studiPendidikan Matematika FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar semester III sebanyak 35 mahasiswa.Peneliti memberikan dua masalah pembuktian tak langsung kepada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkanbahwa terdapat sembilan tipe kesalahan yang terjadi. Kesalahan pertama, yaitu kesalahan pembuktian tanpapengandaian; kesalahan kedua, yaitu kesalahan dalam menentukan pengandaian; kesalahan ketiga, yaitukesalahan dalam merujuk dasar pembuktian (postulat atau teorema); kesalahan keempat, yaitu kesalahan tanpamenyimpulkan, kesalahan kelima, yaitu kesalahan penulisan simbol; kesalahan keenam, yaitu kesalahanmembuktikan berdasarkan gambar atau kasus; kesalahan ketujuh, yaitu kesalahan penalaran logis; Kesalahankedelapan, yaitu kesalahan dalam memahami soal, dan kesalahan kesembilan, yaitu kesalahan pembuktian taklengkap. Penelitian ini penting untuk dilakukan agar Pendidik dapat menentukan strategi pembelajaran yangtepat kepada mahasiswa sehingga kesalahan yang terjadi dapat diminimalisir.

Downloads

Published

2020-07-01