PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Ketut Widyarin Sulastra SMA Negeri 7 Denpasar

Keywords:

model pembelajaran TAI, motivasi, pemahaman matematika, revolusi industri 4.0

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar dan pemahaman matematika siswa kelasXMIPA 2 SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2019/20120 pada era revolusi industri 4.0 dengan penerapan modelpembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakankelas (PTK) Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 7 Denpasar, dan objek penelitian adalahmotivasi belajar dan pemahaman matematika di era revolusi industri 4.0. Rancangan pelaksanaan penelitian dilakukanempat kegiatan pokok, yakni (1) perencanaan PTK, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan hasilpenelitian,bahwa penerapan model pembelajaran kooperatiftipe TAI(TeamAssisted Individualization) mampu meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa pada materi fungsieksponen dan fungsi logaritma kelas X MIPA 2 semester gasal SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020 padaera revolusi industri 4.0 terbukti dari hasil tes akhir siklus I, tes akhir siklus II, dan tes akhir siklus III mengalamipeningkatan sesuai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.

Downloads

Published

2020-07-01