PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SFE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
Keywords:
Eksperimen, SFE, Konvensional, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajarmatematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran SFE lebih baik dari hasil belajarmatematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPK2 Harapan. Metode penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan rancangan posttestonly control group design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIISMPK 2 Harapan yang berjumlah enam kelas dengan total 214 orang. Sampel yang digunakan yaitukelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 orang dan kelas VII A sebagai kelas kontroldengan jumlah 36 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah, (1)metode dokumentasi, dan (2) metode tes. Analisis data menggunakan uji t-test dengan tarafsignifikansi 5% diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 2,04 > 1,667. Dari hasil uji hipotesis tersebutdapat disimpulan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran SFElebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensionalpada siswa kelas VII SMPK 2 Harapan.