MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII D SMPK 2 HARAPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Agustina I Gusti Ayu Adinda Parameswari Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Ketut Perdata Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Ade Andre Payadnya Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui modelpembelajaran Numbered Head Together (NHT) di kelas VII D SMPK 2 Harapan. jenis penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas (PTK), desain penelitian menggunakan desain PTK Kemmis dan Mc Taggart. Data hasilbelajar siswa dikumpulkan melalui tes dan data keterlaksanaan pembelajaran dikumpulkan melalui observasi denganinstrument lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilaihasil belajar siswa (X ), daya serap (DS), dan ketuntasan belajar (KB) pada siklus I sebesar: 61,03; 47,2%; 61,03%,sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa (X ), daya serap (DS), dan ketuntasan belajar(KB) berturut-turut sebesar:78,79; 88,9%; 78,79%, dan persentase peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I kesiklus II sebesar 29%; 88%; 29%.

Downloads

Published

2020-07-01