AGRESIVITAS DALAM PEMBELAJARAN KALKULUS

Authors

  • Gusti Ayu Dessy Sugiharni Sistem Informasi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

Keywords:

Agresivitas, Kalkulus

Abstract

Penelitian kualitatif ini menggunakan metode study litertur. Berdasarkan teori belajar sosial, maka situasipembelajaran Kalkulus yang saling berkompetisi untuk menunjukkan diri merupakan tempat sumber dalamberperilaku agresif. Pada pembelajaran Kalkulus di kelas, pengaruh teman dalam suatu kelompok belajarmaupun antar kelompok belajar dapat memanaskan situasi. Sebaliknya tindakan dosen akan dapat menguasaidan meredakan dorongan munculnya perilaku agresif dari dalam diri mahasiswa. Kondisi tersebut akanmendorong keinginan dan tujuan-tujuan individu untuk terus berubah dan berkembang. Oleh karena itu tuntutanuntuk menjadi mahasiswa yang pintar kalkulus bukanlah hal mendasar yang harus terpenuhi pada pembelajaran.Bukan hanya sekedar menanamkan pembelajaran on text yang membuat mahasiswa menjadi kaku akanpengetahuan itu sendiri layaknya seorang robot, desakan dari suatu kurikulum hakikatnya adalahmengkonstruksikan suatu personalitas dari seseorang selain untuk mampu bersaing di era industry 4.0 ini namunjuga harus mempunyai transparansi spekulasi dan kekompakannya. Hal tersebutlah yang membukakan jalanpikiran manusia tentang terciptanya suatu kedewasaan personalitas itu haruslah melalui suatu proses yangdisebut dengan pendidikan.

Downloads

Published

2020-07-01