ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS X MIPA 4 SMAN 5 DENPASAR
Keywords:
analisis kesalahan, Prosedur NewmanAbstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika materi fungsi eksponensialberdasarkan Prosedur Newman dan penyebab kesalahannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XMIPA 4 SMA Negeri 5 Denpasar yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling laludikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok tinggi, sedang, dan rendah yang diambil 2 siswa darimasing-masing kelompok sehingga subjek penelitian menjadi 6 siswa. Pengumpulan data diperoleh denganmenggunakan teknik observasi, teknik tes, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi yang kemudiandianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data(triangulasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase jenis kesalahan yang dilakukan siswaberdasarkan prosedur Newman adalah kesalahan membaca masalah yang dilakukan siswa sebesar 6,25%,kesalahan memahami masalah sebesar 6,25%, kesalahan transformasi sebesar 18,75%, kesalahankemampuan proses sebesar 27,08%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 41,67%. Penyebabkesalahan siswa adalah 31,70% siswa kurang teliti, 26,82% siswa terlalu terburu-buru, 4,87% siswa belumpaham maksud soal, 7,31% siswa kurang berlatih soal-soal, 9,75% siswa kurang memanfaatkan waktudengan baik, 7,31% siswa tidak percaya diri, 2,43% siswa salah dalam menghitung (komputasi), dan 9,75%siswa belum paham menggunakan metode atau rumus.