MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMA PGRI 6 DENPASAR PADA MATERI BARISAN DAN DERET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Keywords:
Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Barisan dan Deret, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Tujuanpenelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui modelProblem Based Learning pada materi barisan dan deret kelas XI IPS 1 SMA PGRI 6 Denpasar Tahun Pelajaran2019/2020. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA PGRI 6 Denpasar tahun pelajaran2019/2020 sebanyak 27 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kemampuan berpikirkritis siswa diperoleh dengan kuesioner dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dengan tekniktes.Penelitian ini dilaksanakan sampai dua siklus. Hasil analisis data dalam penelitian ini adalah rata-rata skorkemampuan berpikir kritis siswa pada pra-siklus; siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar 63,88, 75,25 dan83,07 dengan kategori “kurang kritis”,”cukup kritis” dan “sangat kritis”. Rata-rata nilai hasil belajar siswa,ketuntasan belajar, dan daya serap pada siklus I dan siklus II secara berturut-turut diperoleh sebagai berikut:73,79, 59,26%, 73,79% dan 81,20, 81,48%, 81,20%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadipeningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret melalui modelpembelajaran problem based learning pada siswa kelas XI IPS 1 SMA PGRI 6 Denpasar tahun pelajaran2019/2020.