PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR
Keywords:
Model pembelajaran TTW, Aktivitas Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui penerapan modelpembelajaran TTW di kelas VIII A SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar dengan melibatkan 46 siswa.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sampai 2 siklus dengan setiapsiklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data aktivitas belajarsiswa dan data prestasi belajar siswa. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan metode observasisedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan metode tes. Hasil analisis data penelitianmenunjukkan bahwa rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 11,825 dengan kategori cukupaktif dan pada siklus II sebesar 14,12 dengan kategori aktif. Hasil analisis data prestasi belajar siswamenunjukkan rata-rata nilai prestasi belajar siswa, ketuntasan belajar, dan daya serap pada siklus I berturutturutsebesar71,20;50,00%;71,20%danpadasiklusIIberturut-turutsebesar72,87;78,26%;72,87%.InijugamenunjukkanbahwamodelpembelajaranTTWdapatmeningkatkanaktivitasdanprestasibelajarsiswa.