MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

Authors

  • I Gede Dhipa Surapratyayana Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Ketut Perdata Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Suwija Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Aktivitas Siswa, Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Materi Perbandingan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah adalahbagaimanakah peningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajarankooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran perbandingan pada kelas VII A di SMPSila Dharma Denpasar tahun ajaran 2019/2020 ? Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan sampai duasiklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Sila Dharna tahun pelajaran 2019/2020sebanyak 30 orang siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data aktivitas belajar siswayang dikumpulkan dengan teknik observasi dan data prestasi belajar siswa yang dikumpulkan dengan tekniktes dalam bentuk tes objektif. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptifkomparatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT(Numbered Heads Together), terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari kategori cukup aktif menjadikategori aktif dengan persentase peningkatan sebesar 27,91% dan persentase peningkatan rata-rata nilaiprestasi belajar siswa, daya serap dan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II berturut-turut sebesar 5,27%,5,27% dan 13,63%.

Downloads

Published

2020-07-01