PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Keywords:
Caption, pendekatan STEM, hasil belajar, revolusi industri 4.0Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris dalam kemampuan menganalisisteks Caption dalam penerapan pembelajaran dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering,and Mathematics) pada era revolusi industri 4.0.. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yangdilaksanakan di SMA Negeri 7 Denpasar dengan subjek penelitian kelas XII IPS 1 yang berjumlah 36 siswapada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Objek penelitian adalah kajian analisis teks Caption danrespon siswa terhadap penerapan pembelajaran dengan pendekatan STEM.. Dalam siklus penelitian adaempat tahapan yang harus dilalui yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Hasil penelitian tindakan bisa dilihat dari nilai silklus pertama dan siklus kedua yang menunjukkan adanyapeningkatan hasil belajar dalam kemampuan menganalisis teks Caption dan peningkatan respon siswa.Implikasi dari penerapan pembelajaran dengan pendekatan STEM berhasil dalam meningkatkan hasil belajarbahasa Inggris siswa pada era revolusi industri 4.0 di kelas XII IPS 1 pada materi Caption. Penelitiantindakan ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan melalui siklus pertama dan kedua yangmengalami peningkatan dan lebih dari 75% siswa tuntas.