PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM PENGGUNAKAN SOAL HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Kd Manik Suriti SMA Negeri 7 Denpasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaranpemecahan masalah dengan menggunakan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada era revolusiindustri 4.0. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan modelpembelajaran problem solving yang rancangan deskriptif kualitatif sebanyak dua siklus meliputi kegiatanperencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1SMA Negeri 7 Denpasar pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Objek penelitian hasil belajarkimia pada siswa kelas XI MIPA1. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakanteknik tes dan nontes pada materi larutan asam dan basa yang terintegrasi pada soal HOTS. Berdasarkanhasi penelitian menunjukkan ada peningkatan presentase nilai rata-rata kelas dalam pembelajaran materilarutan asam dan basa dengan penerapan model pembelajaran problem solving pada refleksi awal (59,0),siklus I (69,0), siklus II (75,71). Penggunaan model pembelajaran problem solving dengan menggunakansoal HOTS dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 7 Denpasar.

Downloads

Published

2020-07-01