PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA 8 SMA NEGERI 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PADA ERA REVOLUSI IDUSTRI 4.0
Keywords:
model pembelajaran, STAD, Teks eksposisi, revolusi industri 4.0Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa pada pelajaran bahasa Indonesiamelalui efektivitas penggunaan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dalammeningkatkan kemampuan memproduksi teks eksposisi pada era revolusi industri 4.0. Jenis penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Januari sampai Pebruari 2020. Subjek penelitian adalahsiswa kelas X IPA 8 SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020, objek penelitian ini adalahmemproduksi teks eksposisi, dan menulis teks. Dalam penelitian digunakan metode tes dan metode observasi.Data yang diperoleh dari hasil observasi mengolah data dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif.Dalam setiap siklus ada beberapa tahapan yang dilalui yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan nilai rata-rata siswa pada refleksi awal terjadi peningkatan pada siklusI dengan predikat cukup dan meningkat lagi pada siklus II dengan predikat baik. Nilai rata-rata hasil observasipada siklus I dengan predikat cukup meningkat pada siklus II dengan predikat tinggi. Penerapan modelpembelajaran STAD dapat meningkatkan kemampuan memproduksi teks eksposisi dan meningkatkan responpada siswa pada era revolusi industri 4.0.