MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DALAM PEMBELAJARAN SPLDV

Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Authors

  • Dewi Fatimah Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Ketut Perdata Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ledyari Noviyanti Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Teams Games Tournament, Minat, Prestasi belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat dan prestasi belajarsiswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VIII A MTs Hasanudin Klungkung tahunpelajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Hasanudin Klungkung Tahun Pelajaran2019/2020 yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah: (1)metode observasi, (2) metode angket, dan(3) metode tes,. Data – data yang terkumpul dianalisis secara statisitikdeskriptif komparatif. Bertitik tolak pada hasil penyajian penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Modelpembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas VIII A MTs HasanudinKlungkung Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan peningkatan nilai rata-rata darihasil angket minat belajar awal, siklus I, dan siklus II, dengan rincian sebagai berikut: hasil angket awal 60 padakriteria (cukup berminat). Pada siklus I diperoleh 62,19 pada kriteria (cukup berminat) , meningkat menjadi 70,98pada criteria (berminat) pada siklus II, dan (2) Model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkanprestasi belajar pada siswa kelas VIII A MTs Hasanudin Klungkung Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal tersebutdapat dilihat berdasarkan peningkatan dari nilai rata-rata hasil tes awal, siklus I, dan siklus II , dengan rinciansebagai berikut: pada tes awal (nilai ulangan harian) 58, pada siklus I diperoleh 62,72, dan meningkat pada siklusII 71,66. Pada siklus II menunjukkan pencapaian KKM 63 telah terpenuhi dan tingkat ketuntasan belajar siswa81,81% telah tercapai. Jadi dapat disimpulkan penelitian ini berhasil.

Author Biography

Dewi Fatimah, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat dan prestasi belajarsiswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VIII A MTs Hasanudin Klungkung tahunpelajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Hasanudin Klungkung Tahun Pelajaran2019/2020 yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah: (1)metode observasi, (2) metode angket, dan(3) metode tes,. Data – data yang terkumpul dianalisis secara statisitikdeskriptif komparatif. Bertitik tolak pada hasil penyajian penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Modelpembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas VIII A MTs HasanudinKlungkung Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan peningkatan nilai rata-rata darihasil angket minat belajar awal, siklus I, dan siklus II, dengan rincian sebagai berikut: hasil angket awal 60 padakriteria (cukup berminat). Pada siklus I diperoleh 62,19 pada kriteria (cukup berminat) , meningkat menjadi 70,98pada criteria (berminat) pada siklus II, dan (2) Model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkanprestasi belajar pada siswa kelas VIII A MTs Hasanudin Klungkung Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal tersebutdapat dilihat berdasarkan peningkatan dari nilai rata-rata hasil tes awal, siklus I, dan siklus II , dengan rinciansebagai berikut: pada tes awal (nilai ulangan harian) 58, pada siklus I diperoleh 62,72, dan meningkat pada siklusII 71,66. Pada siklus II menunjukkan pencapaian KKM 63 telah terpenuhi dan tingkat ketuntasan belajar siswa81,81% telah tercapai. Jadi dapat disimpulkan penelitian ini berhasil.

Downloads

Published

2020-07-01