MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DALAM PEMBELAJARAN SPLDV
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords:
Teams Games Tournament, Minat, Prestasi belajarAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat dan prestasi belajarsiswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VIII A MTs Hasanudin Klungkung tahunpelajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Hasanudin Klungkung Tahun Pelajaran2019/2020 yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah: (1)metode observasi, (2) metode angket, dan(3) metode tes,. Data – data yang terkumpul dianalisis secara statisitikdeskriptif komparatif. Bertitik tolak pada hasil penyajian penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Modelpembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas VIII A MTs HasanudinKlungkung Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan peningkatan nilai rata-rata darihasil angket minat belajar awal, siklus I, dan siklus II, dengan rincian sebagai berikut: hasil angket awal 60 padakriteria (cukup berminat). Pada siklus I diperoleh 62,19 pada kriteria (cukup berminat) , meningkat menjadi 70,98pada criteria (berminat) pada siklus II, dan (2) Model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkanprestasi belajar pada siswa kelas VIII A MTs Hasanudin Klungkung Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal tersebutdapat dilihat berdasarkan peningkatan dari nilai rata-rata hasil tes awal, siklus I, dan siklus II , dengan rinciansebagai berikut: pada tes awal (nilai ulangan harian) 58, pada siklus I diperoleh 62,72, dan meningkat pada siklusII 71,66. Pada siklus II menunjukkan pencapaian KKM 63 telah terpenuhi dan tingkat ketuntasan belajar siswa81,81% telah tercapai. Jadi dapat disimpulkan penelitian ini berhasil.