MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) PADA SISWA KELAS XI MP 1 SMK SARASWATI 1 DENPASAR
Keywords:
Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, persamaan lingkaran, Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR)Abstract
Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa pada materi persamaan lingkaran dalam penerapan model Auditory Intelectually Repetition (AIR) di Kelas XI MP 1 SMK Saraswati 1 Denpasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), desain penelitian menggunakan desain PTK Kemmis dan Mc Taggart. Data mengenai aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan observasi dan data mengenai prestasi belajar dikumpulkan dengan melalui metode tes. Data tentang aktivitas dan prestasi belajar siswa dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) data aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 10,54 dengan kategori “cukup aktif”. Pada siklus II, diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa sebesar 16,22 dengan kategori “aktif”. (2) Nilai rata-rata prestasi belajar sisiwa pada siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar: 71,96 dan 80,48 dengan persentase peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 11,83%. Daya serap siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar: 71,96% dan 80,48% dengan persentase peningkatan daya serap siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 11,83%. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar: 54.83% dan 87,09% dengan persentase peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 58,83%.