PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERORIENTASI PADA SOAL HOTS PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SMA

Authors

  • I Komang Sukendra IKIP PGRI Bali
  • Putu Dessy Fridayanthi IKIP PGRI Bali

Keywords:

bahan ajar, matematika realistik, HOTS, evolusi industri 4.0

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan karakteristik pembelajaran, prosedur pengembangan bahan ajar dan mendapatkan efektifitas bahan ajar trigonometri di SMA dengan pendidikan matematika realistik berorientasi soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada era revolusi industri 4.0 dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain, produk yang dihasilkan adalah bahan ajar trigonometri yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Subjek dalam penelitian ini disesuaikan dengan tahapan-tahapan penelitian, teknik pengambilannya menggunakan purposive sampling, Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIPA 1 SMA PGRI 4 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020. Pelaksanaan penelitian desain meliputi 3 fase yaitu: Preliminary research, Prototyping, dan Assessment. Pengembangan bahan ajar sesuai dengan karakteristik dalam pendidikan matematika realistik berorientasi pada soal HOTS yang berkualitas valid, prkatis, dan efektif. Karakteristik pembelajarannya menggunakan masalah kontekstual, berbagai model, kontribusi peserta didik, keterkaitan, dan proses pembelajaran mengarah pada pembentukan nilai pengetahuan, keterampilan serta sikap yang baik. Karakteristik bahan ajar untuk peserta didik dan guru adalah bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir berisi daftar pustaka. Bahan ajar dengan pendidikan matematika realistik berorientasi pada soal HOTS yang telah dikembangkan cukup efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2020-07-01