ANALISIS KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING (CT) MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI PENGANTAR TEORI PROBABILITAS
Keywords:
Computational Thinking, Masalah Kontekstual, PTPAbstract
Pendidikan di Indonesia khususnya di Perguruan Tinggi dalam menghadapi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi di Era Digital harus mampu mempersiapkan mahasiswa agar mampu berkompetisi dalam perkembangan zaman. Dimana salah satu keterampilan yang penting untuk dimiliki salah satunya adalah kemampuan Computational Thinking. Kemampuan Computational Thinking merupakan cara berpikir dalam menyelesaikan masalah dengan berdasarkan pada 4 fondasi dasar yang meliputi dekomposisi, melihat pola, abstraksi dan algorimtik, untuk mendapatkan solusi yang efektif, efisien dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan Computational Thinking (CT) mahasiswa prodi Pendidikan Matematika semester 2 dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi Pengantar Teori Probabilitas (PTP). Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah mix methode dengan desain penelitian Explanations Model. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam bentuk tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Computational Thinking mahasiswa masih tergolong rendah dengan presentase 48%. Dimana hasil ini dapat dijadikan bahan evaluasi oleh dosen didalam menyusun pembelajaran dan pelatihan penggunaan Computational Thinking dalam penyelesaian masalah.
References
Natali, Vania.(2022).Modul Mata Kuliah Pilihan Computational Thinking.Kementrian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Kemendikbudrsitekdikti.(2022).Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini,
Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Yuntawita, dkk.(2021).Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa dalam menyelesaikan Masalah Matematika.Media Pendidikan Matematika FSTT UNDIKA. Vol 9,No1.
Dayanti, R. W. (2014). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Ketelitian (Conscientiousness) dan kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Kepala Sekolah PAUD di Medan Deli. Jurnal Pendidikan dan Kepengawasan, 2(2), 55-70
Kamsiyatun, K. (2016). Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas IA SDN Sidomekar 08 Kecamatan Semboro Kabupaten
Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Pancaran, 5(2), 91-102
Voskoglou, Michael Gr. & Buckley, Sheryl. 2012. Problem Solving and Computers in Learning Environment. Egyptian Computer Science Journal, 36(4), 28-46
Kosko, K.W. and Wilskins, J.L.M. 2010. Mathematical Communication and Its Relation
to the Frequency of Manipulative Use. International Electronic Journal of
Mathematics Education (IEJME), Vol. 5, No. 2, hlm. 79-90.