EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP KALAM KUDUS BALI KABUPATEN BADUNG

Authors

  • Rachel Angeline Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Ade Andre Payadnya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Adi Wibawa Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Efektivitas, Media Pembelajaran, Aljabar, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP Kelas VII SMP Kalam Kudus Bali Kabupaten Badung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen bentuk Pre Test Post Test Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VII SMP Kalam Kudus Bali Kabupaten Badung tahun ajaran 2022/2023. Pada penelitian ini dipilih kelas satuan eksperimen dengan cara non random sampling menggunakan sampling purposive yaitu kelas dipilih karena adanya pertimbangan tertentu. Penelitian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Keefektifan pembelajaran ditinjau dari tiga aspek, yaitu: ketercapaian ketuntasan hasil belajar matematika siswa secara klasikal, aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika, dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa sebelum digunakan media pembelajaran Wordwall (pretest) adalah 53,92 dan berada pada kategori rendah, dimana skor terendah adalah 30 dan skor tertinggi adalah 80 dari skor ideal 100, sedangkan skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa sesudah digunakan media pembelajaran Wordwall (posttest) adalah 77,85 dan berada pada kategori tinggi dimana skor terendah adalah 40 dan skor tertinggi adalah 100 dari skor ideal 100. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 21 siswa atau 75% mencapai atau melebihi KKM dan ini berarti bahwa ketuntasan hasil belajar secara klasikal sudah tercapai. (2) hasil pengamatan observasi siswa menunjukkan angka 75,87% yaitu kategori sangat aktif. (3) angket respon siswa menunjukkan angka 96,73% kategori sangat baik. Penggunaan media pembelajaran efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada kelas VII SMP Kalam Kudus Bali Kabupaten Badung

References

Abdurahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. PT. Rineka Cipta.

Ahmadi, A. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Ali, M. (1987). Penelitian Prosedur dan Strategi. Angkasa Bintang.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Arikunton, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta.

Bilfaqih, Y. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Deepublish.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Emzir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. PT. Raja Grafindo Persada.

Firman. (1987). Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Impereal Bhakti Utama.

Hamalik, O. (2008). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.

Husamah, & dkk. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Universitas Muhamadiyah Malang.

Jalinus, N. (2016). Media Dan Sumber Pembelajaran. Kencana.

Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016)

Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. CV Pustaka Abadi.

Margona, S. (1997). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Rineka Cipta.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Edited by Kencana.

Muhadi, F. (2013). Metodologi Penelitian. Sanata Dharma.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. PT. Remaja Rosdakarya.

Nana, S. (2008). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Nasution. (2005). Didaktik Azas Kurikulum. Zemmars.

Nurhidayat, & Supendi, P. (2007). Fun Game. Penebar Plus.

Purwanto, N. (2011). Psikologis Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Santoso, E. (2013). Kamus Praktis Modern Bahasa Indonesia. Pustaka Dua.

Sastrapradja. M. (1981). Kamus Istilah Pendidikan Dan Umum. Usaha Nasional.

Soejanto, A. (2005). Bimbingan ke Arah Belajar Yang Sukses. Aksara Baru.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif, Konsep Dasar Dan Praktiknya. Rajawali Pers.

Sutirman. (2013). Media Dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Graha Ilmu.

Thobroni. (2015). Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Praktik. Ar-Ruzz.Media.

Thobroni, M., & Mustofa, A. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Wulandanan, N. Y. (2015). Evaluasi Pendidikan. STAIN Jurai Siwo Metro Lampung.

Artikel Jurnal

Asyafiq, S. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 29–37.

Budiarti, A., Handhika, J., & Kartikawati, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa. JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO), 2(2), 21. https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1795

Fathurrahman, A., Sumardi, Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843–850. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. file:///C:/Users/win10/Downloads/8503-Article Text-27609-1-10-20200629 (1).pdf

Hsb, A. A. (2018). Kontribusi Lingkungan Belajar Dan Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, 25(2). https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.365

Mahnun, N. (2018). Implementasi Pembelajaran Online Dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online Di Perguruan Tinggi Islam Dalam Mewujudkan World Class University. IJEM: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan, 1(1), 29–36.

Meuthia, R., Ananto, R., Afni, Z., & Setiawan, L. (2020). Understanding Millenials’ Intention to Use E-Money: A Study of Students’ University in Padang. https://doi.org/10.4108/eai.1-11-2019.2294012

Usman, P., Yahya, L., Bito, N., & Takaendengan, B. R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Multimedia pada Materi Kerucut. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 100–106. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.10628

Downloads

Published

2024-04-01